10 Cara Menghemat Uang, Hentikan Kebiasaan Borosmu

Tidak ada salahnya mengonsumsi kopi sachet atau kopi tubruk di warung makan belakang kantormu, yang sudah pasti jauh lebih murah. Kalau rekening terpisahmu digunakan untuk tabungan, maka lebih baik kalau kamu tidak memiliki kartu ATM untuk rekening ini. Usahakanlah untuk tetap belanja sesuai dengan daftar anggaran yang sudah dibuat.

Tips menghemat uang

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memiliki dua jenis rekening sehingga bisa melakukan penghematan pada gaji yang baru saja kamu terima. Untuk rekening yang pertama, kamu bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari hari. Dengan menerapkan cara menghemat uang gaji bulanan tersebut, maka kamu nantinya akan mampu berpikir ulang ketika akan membeli sesuatu. Hal ini dikarenakan kamu hanya membawa sedikit uang saja di dompet. Selain itu, tips satu ini juga sangat tepat dilakukan ketika kamu merupakan pribadi yang malas untuk mengambil uang di ATM. Terkadang, toko akan memberikan potongan harga atau cashback jika pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit.

Sebab, kadangkala orang bisa jadi tak sengaja berlangganan untuk hal-hal yang kurang penting. Oleh karena itu, bersihkan riwayat berlangganan Anda, dan mulai kembali sesuai kebutuhan. Ada alasan mengapa waktu kecil celengan jadi cara untuk belajar menabung. Dengan menaruh uang di celengan kamu akan merasa lebih semangat menabung, sebab kamu melihat sendiri kalau uang yang disimpan semakin menumpuk. Cosmo tahu bukan jadi hal yang mudah untuk tidak jadi Miss Boros.

Jika memang saat ini Anda masih punya cicilan utang, ditambah pendapatan seret, tidak perlu memaksakan diri membeli tanaman hingga jutaan Rupiah. Ada banyak tanaman yang dijual di bawah Rp50.000 yang tak kalah cantik dan bisa menambah suasana asri di rumah. Nah, untuk investasi kamu bisa melakukannya kapan dan di mana saja dengan mudah melalui platform atau aplikasi Ajaib. Di mana, dengan Ajaib, kamu bisa membuka rekening reksa dana maupun saham secara online. Tidak ada alasan tidak memiliki uang, karena di Ajaib kamu hanya membutuhkan uang minimal Rp10 ribu untuk memulai investasi reksa dana, atau uang Rp100 ribu untuk investasi saham.

Penghematan yang Anda dapatkan sebetulnya akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja dalam jumlah besar dan sekaligus, Anda tidak harus membayar ulang ongkos transportasi, uang parkir maupun biaya bensin lagi. Kedua, toko atau supermarket selalu memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar.

Untuk finances anggaran mingguan, biar belanja lebih irit dan hemat, belilah barang-barang tersebut di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jika suami anda memiliki gaji kecil, tak perlu khawatir, dengan kreativitas anda dalam mengirit uang belanjaan, insya Allah uang tersebut cukup. Padahal, sejatinya, istri pun turut membantu penghasilan suami, dengan bekerja di rumah. Secara umum tujuan menabung adalah untuk mengumpulkan uang secara teratur. Dengan menabung dalam waktu tertentu diharapkan dapat terkumpulkan sejumlah uang guna membeli sesuatu atau perencanaan lain yang sejak awal telah ditentukan. Akan tetapi tidak selamanya pembelian mendadak menguntungkan yang mana kamu dibebankan harga yang lebih tinggi.