7 Faktor Kegagalan Bisnis Kuliner

Dengan demikian perusahaan kehilangan kesempatan untuk dapat mengembangkan usahanya dan mendapat keuntungan. Seorang pengusaha yang sukses pasti memiliki relasi dan jaringan yang luas dan stable, karena dengan relasi bisnis anda bisa mempertahankan eksistensi bisnismu. Membangun relasi bisnis memang tidaklah mudah, tetapi anda bisa memulainya dengan hal yang sederhana, misalnya menjalin relasi dengan saudara, kerabat, keluarga dan dari merekalah relasi dan jaringan anda berkembang. Berkaitan dengan hasil riset kegagalan usaha kecil di atas, sangat senada dengan yang dijelaskan oleh Bill Gross dalam TED Talk, bahwa ada 5 faktor paling menentukan sukses tidaknya perusahaan baru atau startup. Faktor pertama yang cukup menentukan keberhasilan sebuah program pemasaran adalah soal pangsa pasar.

Faktor keberhasilan dari sebuah usaha

Jika Anda merasa mereka tidak memiliki minat dengan bisnis yang Anda jalankan, jangan Anda teruskan. Praktekkan apa yang mereka ajarkan, jika perlu Anda bisa mengikuti kelas premium mereka, Mungkin agak mahal, namun jika Anda punya uang, Anda harus belajar dari mereka secara langsung. Jangan Anda samakan dengan bermain roulette dimana Anda membutuhkan faktor keberuntungan. Tapi saya yakin, Anda tentu tidak ingin mengalami banyak kegagalan untuk bisa meraih keberhasilan berwirasusaha.

Jika seorang pelaku bisnis gagal mengikuti tren perkembangan teknologi dan informasi, maka tentu usaha yang dibangun semakin tertinggal dari pesaing lainnya. Yang juga tak kalah penting dari usaha adalah memiliki networking atau jaringan yng luas. Networking inilah yang akan membuat usaha Anda dikenal orang lain, masyarakat, bahkan seluruh dunia. Networking juga memudahkan Anda alam berbisnis, untuk itulah mulai dari awal bangunlah networking Anda seluas mungkin agar Anda mengalami kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan bisnis. Dalam hal ini, goal pasar yang tepat merupakan faktor yang juga menentukan sukses tidaknya wirausaha. Ketika Anda berbisnis di tempat dan waktu yang tepat, maka kemungkinan besar bisnis Anda pun akan sukses.

Itulah lima dari sekian karakteristik yang harus dimiliki jika ingin sukses membangun usaha. Sikap yang setengah- setengah akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi tidak terarah dan gagal. Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi di berbagai bidang.

Melakukan analisa sederhana dari pesaing usaha Anda bisa menjadi cara yang tepat untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik. Lakukan pengamatan dan analisa sederhana untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis Anda. Awalnya Yasa memulai bisnis dengan uang seven-hundred ribu hasil tabungannya yang dibuat kaos dengan design Presiden Soekarno.