Ajari Anak Menabung Sedini Mungkin

Ayah/Bunda bisa memberikan celengan baru atau bahkan buku tabungan di financial institution yang khusus diberikan untuk anak. Jumlah uang saku yang diberikan Ayah/Bunda pastinya tidak sama di tiap keluarga. Tetapi Ayah/Bunda bisa memberikan pemahaman bahwa uang saku yang diberikan tidak untuk dihabiskan dalam 1 hari. Misal, ketika Ayah/Bunda memberikan uang saku sebesar Rp15.000 per harinya, Ayah/Bunda menjelaskan uang yang diberikan tersebut hanya boleh dipakai Rp10.000 saja. Untuk Rp5.000 sisanya dimasukkan ke dalam wadah/celengan yang sudah disiapkan untuk menabung. Berikan pemahaman manfaat menabung jika anak merengek meminta tambahan uang saku.

Bahkan, tak sedikit orang yang selalu gagal menabung dengan alasan tingginya kebutuhan hidup. Untuk sebagian orang di Indonesia, suggestions menabung dengan menggunakan metode Kakebo terbilang masih asing. Pasalnya, setiap di Indonesia sendiri memiliki cara menabung sendiri yang sudah ada sejak dahulu. Jika kamu mulai menabung sejak dini kamu juga bisa mengatur skala prioritas kamu, seperti berapa persen yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran. Dengan menabung, kamu biasa untuk mendahulukan mana kebutuhan yang memang lebih penting untuk kamu. “Nasabah juga dengan mudah mengatur anggaran pengeluaran bulanan untuk kategori-kategori tersebut untuk membantu mengingatkan mereka,” katanya.

PDB per kapita pada 2000 hanya Rp 6,78 juta, sedangkan pada 2015 meningkat hingga Rp forty five,18 juta. Hal ini membuktikan bahwa pendapatan masyarakat Indonesia semakin meningkat. Namun, peningkatan tersebut tampaknya tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Hal-hal diluar perhitungan seperti inilah yang mengharuskan Anda memiliki dana darurat. Hingga saat dewasa nanti,mereka terbiasa akan membeli barang sesuai keperluan, baik jumlah maupun jenisnya. Meskipun sudah menentukan goal umur untuk pensiun, tapi jika kamu tidak berkomitmen untuk menabung tentunya dana pensiun tidak akan pernah didapatkan. Apabila kamu ingin memiliki dana pensiun yang bisa digunakan untuk menikmati hari tua, sebaiknya mulai ubah gaya hidup. Pengeluaran tiap bulannya harus selalu dikontrol agar tidak melampaui batas anggaran. Kurangi membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena godaan sesaat atau sedang tren.

Setiap kali mendapatkan rejeki lebih baik berupa bonus atau THR, sisihkanlah terlebih dahulu untuk menambah investasi saudara. Nantinya tabungan ini untuk apa tergantung keputusan masing2 orang tua tentang tujuan utama tabungan tsb dibuat, jadi sebelum membuat tabungan juga diskusikan terlebih dahulu kira2 untuk apa sih ke depannya. Hal ini penting agar di tengah jalan tidak melenceng, jangan sampai misal niatnya untuk dana sekolah anak akhirnya terpakai untuk hal yang tidak perlu, dll.

Pentingnya menabung

Dana darurat atau emergency fund merupakan hal yang sangat penting dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Di masa yang akan datang, kita tak akan tahu akan ada hal apa yang kita alami dan kita tentunya juga harus bersiap-siap untuk menyiapkan uang untuk hal-hal yang tak terduga di masa yang akan datang. Setelah nantinya telah terkumpul sendiri uang tersebut untuk membeli sesuatu yang dia inginkan, pastinya dia akan memikirkan ulang apakah keinginannya tersebut penting untuk dipenuhi ataupun tidak. Dengan cara itu, anak akan dilatih untuk bersabar saat berusaha untuk mencapai keinginannya atau tujuannya untuk membeli sesuatu yang baru yang dia inginkan. Fakta yang terakhir, semua orang pasti ingin bisa mengunjungi destinasi tempat wisata yang menjadi impiannya. Banyak saran dari para traveler profesional yang mengatakan janganlah berhutang jika ingin traveling.

Misalnya, nih, Anda mau liburan ke luar negeri yang membutuhkan sejumlah uang, jadikan itu sebagai goal menabung, sehingga Anda pun akan lebih semangat dalam menabung. Saat Anda menabung, tapi tidak tahu untuk apa, maka lambat laun akan menyebabkan Anda mulai malas menabung. Karena itu, tetapkan tujuan Anda sejak dini, agar ketika menabung Anda pun akan semakin bersemangat. Jangan lupa membimbing si Kecil untuk membedakan konsep kebutuhan dan keinginan. Misalkan, ajarkan si Kecil perbedaan antara membeli bahan makanan dengan membeli baju baru . Saat Bunda mengajak si Kecil berbelanja, bawalah wadah berisi uang tersebut untuk digunakan.