Eight Langkah Mudah Untuk Menghemat Uang!

Kebanyakan orang bakal pilih penghapus seharga Rp 5.000,00 karena merek dengan kualitas yang jauh lebih bagus. Tapi sebenarnya, lebih baik pilih penghapus dengan harga Rp 3.000,00 walaupun merek dengan kualitas yang kurang bagus, yang penting harganya lebih murah. Berbicara kualitas kalau kamu beli barang elektronik baru lihat kualitas dan harganya. Anak-anak muda biasanya tidak memiliki uang dalam jumlah besar sebab kebutuhan mereka masih menjadi tanggungan orang tua. Pelajar biasa mendapatkan uang jajan dari orang tua mereka, dan saat ini, sudah ada pula remaja yang bekerja paruh waktu sembari menempuh pendidikan. Walaupun sudah memiliki uang sendiri, sayangnya, nominal tersebut masih belum mencukupi untuk memenuhi keinginan anak muda untuk bergaya mengikuti tren kehidupan masa kini.

Tren cashless semakin tinggi belakangan ini di tengah masyarakat Indonesia. Alasannya adalah kemudahan dan keamanannya sehingga banyak orang mulai beralih menggunakannya dibandingkan transaksi uang tunai. Namun sebenarnya kebiasaan cashless agak kurang baik untuk membangun rutinitas berhemat. Ketika kamu tidak membayar bunga, kamu dapat mulai menginvestasikan uang tersebut dan mulai mendapatkan bunga. Salah satu cara terbaik untuk menabung adalah menghindari utang dalam bentuk apapun dan kepada siapapun.

Selama masa pandemi, jumlah tamu di pesta pernikahan umumnya hanya diperbolehkan sekitar 25% dari kapasitas gedung atau venue. Oleh karena itu, penghematan katering tentu bisa dilakukan dengan baik. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan waktu dan perkiraan whole biaya pernikahan. Berikut ideas dari Lifepal, bagi yang berniat menggelar pernikahan di masa pandemi. “Ketika rumah dipenuhi dengan produk sekali pakai, Anda mulai memperlakukan semua barang seperti barang sekali pakai,” ujar Lily. Tindakan ramah lingkungan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja atau menggunakan produk-produk dari plastik secara keseluruhan.

Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya bisa saja mencapai 50 persen dari whole penghasilan. Jika sekolah kamu dilewati oleh bus sekolah yang disediakan oleh pemerintah, sebaiknya gunakan hal tersebut. Selain itu, kalau kamu kuliah di luar kota dan harus sewa indekos, sebaiknya pilih indekos yang dekat kampus sehingga kamu bisa jalan kaki. Akhir pekan biasanya kamu suka nongkrong atau jalan-jalan sama temen kamu untuk menghilangkan penat akibat aktivitas keseharian kamu bukan? Nongkrong entah itu di cafe atau restoran atau jalan-jalan ke mall. Daripada hambur-hamburin uang mendingan ditabung atau buat beli sesuatu yang jauh lebih penting.

Perlu diingat bahwa kunci utama dari merayakan lebaran adalah untuk bersilaturahmi dan menghabiskan waktu bersama keluarga bukan menghabiskan uang. Tapi di balik serunya berkumpul dengan keluarga besar dan melakukan mudik, memang tidak terasa kita akan semakin boros mengeluarkan anggaran. Banyak keperluan yang tidak terduga yang membuat kantong kita makin menipis.

Tips menghemat uang

Selain membiasakan diri membuat anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus membiasakan diri untuk mematuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat. Dalam melakukan cara menghemat uang belanja, disarankan untuk tidak atau mengurangi pemakaian kartu kredit, mengapa? Pasalnya, jika kamu tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit, bisa saja menggunakannya dengan cara yang berlebihan dan boros. Dominic Aarsen juga menyebutkan bahwa kebiasaan minum kopi di kafe ataupun memesan makanan merupakan penghambat hidup hemat.

Sekarang bisa Anda lihat kertas yang telah Anda coret-coret tersebut. Angkanya cukup lumayan bukan untuk bisa liburan di akhir tahun? Bila Anda merasa tidak bisa menghentikan semua pengeluaran Anda tersebut, minimal berhematlah agar Anda bisa memiliki tabungan untuk merencanakan liburan. Salah satu penyebabnya adalah kemudahan pembayaran, baik dengan menggunakan kartu ATM ataupun kartu kredit. Terkait pernyataan ini, Anda mungkin pergi nongkrong di kafe-kafe, bergaul high-class, dan menikmati hiburan malam yang menghabiskan uang tidak sedikit. Terlebih karyawan-karyawan lajang karena mereka belum memiliki tanggungan istri dan anak.