Pengetahuan Bisnis & Entrepreneurship

Sebagai mesin pencari yang populer dan banyak digunakan, Google memiliki tim berdedikasi yang fokus sepenuhnya pada algoritma. Tim ini bertanggung jawab atas peningkatan kualitas consumer experience ketika menggunakan Google. Untuk menjamin kualitas pencarian, mesin pencari menggunakan seperangkat aturan atau aturan yang disebut dengan algoritma. Meskipun terlihat mudah, persaingan untuk mendapatkan trafik organik sangatlah ketat. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan praktik SEO yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Perlu generasi profesional dan handal untuk meneruskan dan mengembangkan bisnis keluarga di kemudian hari agar bisnis keluarga tersebut dapat eksis hingga ke generasi-generasi berikutnya. Adanya teknologi informasi dan komunikasi dalam memfasilitasi dan menciptakan pengetahuan adalah untuk menghubungkan orang dengan orang lain untuk mengeksplisitkan pengetahuan. Menurut Davis , dinyatakan bahwa efektifitas manajemen pengetahuan memerlukan perubahan fundamental dalam organisasi dalam melakukan kegiatanya. Pendapat lainya dikemukakan oleh Krogh , kondisi social yang seharusnya tercipta dan dibangun terus menerus oleh organisasi untuk mendorong penciptaan pengetahuan.

Pengetahuan tentang bisnis

Namun, sayangnya sebagian besar orang masih ragu untuk memulai bisnisnya. Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki psychological yang kuat juga harus berpikir kreatif dan visioner. Kemudian mereka merumuskan suatu mannequin proses penciptaan pengetahuan yang memungkinkan organisasi untuk mengelola proses secara efektif. Model Knowledge Management ini sering dikenal juga dengan Model Dimensi yang mereka usulkan ini disebut dengan model dimensi pengetahuan SECI . Data yang menjadi elemen paling dasar, mentah dan belum melalui proses sehingga belum dapat digunakan.

Ada pengetahuan dapat digunakan kembali untuk proses atau produk yang akan dikembangkan, sehingga produktivitas perusahaan akan meningkat. Dengan sumber pengetahuan yang terstruktur dengan baik, maka perusahaan akan mudah untuk menggunakan pengetahuan itu untuk konteks lain, sehingga perusahaan akan dapat menghemat waktu dan biaya. Yang terdiri dari menangkap, menyaring, mengesyahkan, mentransformasikan, dan menyebarkan data ke seluruh perusahaan dilengkapi dengan menjalankan prosedur dan proses tertentu. Pada dasarnya tacit information bersifat personal, dikembangkan melalui pengalaman yang sulit untuk diformulasikan dan dikomunikasikan (Carrillo et al.,2004).

Di daerahnya, sebagian besar para pemain dalam bisnis ini adalah generasi kedua dengan cara pengelolaan yang masih tradisional. Karena itu, lanjutnya, yang di­wariskan dalam bisnis ini adalah sistem yang masih tradisional pula. “Ini adalah peluang bagi kami generasi kedua untuk mengem­bangkannya menjadi lebih tertata, efektif, dan efisien,” ujarnya.

Anda juga dapat memperoleh modal usaha dari institusi finansial baik dari pemerintah maupun swasta. Namun pinjaman dari institusi finansial biasanya memerlukan jaminan tertentu sesuai kebijakan masing-masing institusi. Perhatikan kebijakan dengan seksama agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Peluang usaha merupakan kesempatan yang datang di saat waktu tertentu, ini pengertian utamanya pengusaha. Hal ini pun tidak boleh dilewatkan oleh seorang pengusaha untuk mendapatkan keuntungan.

Manajemen pengetahuan adalah tentang penggalian dan mengorganisir pengetahuan untuk mengembangkan organisasi yang menguntungkan dan lebih efisien. Yusron menuturkan, meskipun menjadi penerus usaha keluarga, ia juga tertantang untuk meneruskan pondasi bisnis yang telah dibentuk oleh kedua orang tua dengan membangun sistem yang lebih tertata,efektif dan efisien. “Saya berada dalam situasi bisnis yang kon­vensional, di mana dari mulai manajemen SDM, advertising, dan tata kelola sistem semua dilaku­kan dengan cara handbook,” katanya. Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

search engine optimization adalah device yang sangat penting untuk menaikkan visibilitas website Anda. Apabila saat ini Anda sedang bergelut di dunia bisnis, web optimization akan mendatangkan lebih banyak trafik dan itu berarti akan ada banyak pelanggan atau pembeli. Dari sini, Anda sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai kemunculan website di sistem ranking Google. Mesin pencari memang tidak tahu persis alasan di balik pengunjung situs yang keluar begitu saja hingga menimbulkan bounce fee sebesar 90%. Namun, mesin pencari tahu kalau halaman website tidak memenuhi ekspektasi atau tidak menjawab kebutuhan mereka.

Diperlukan semangat, kecintaan atau ardour serta waktu belajar yang panjang untuk membangun pengetahuan terbatinkan dalam bisnis. Pada perusahaan keluarga, pengetahuan terbatinkan merupakan cikal bakal bisnis. Misalnya di industri jamu di Indonesia, kemahiran meracik jamu datang dari orang tua, terutama sang ibu, yang berusaha menjaga kesehatan keluarganya dengan meracik jamu. Dalam buku ini, penulis membeberkan ilmu pengetahuan yang penting bagi pengusaha yakni tentang bagaimana caranya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas serta memiliki nilai jual tinggi. Buku ini sangat bagus untuk dibaca para pengusaha khususnya para pemula atau pebisnis yang ingin lebih sukses lagi.

Berbagai bentuk pengetahuan dapat didorong melalui program pelatihan dan bimbingan dalam lingkungan pekerjaan. Penting juga untuk memilih saluran pembagian pengetahuan karena berbagai saluran komunikasi baik langsung maupun tak langsung memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Semakin matang sebuah organisasi, semakin efisien media saluran komunikasinya dan semakin cepat waktu untuk berbagi pengetahuan. Fase ini juga dapat dilihat sebagai jembatan penghubung serta aliran hulu ke hilir dalam mempraktikkan pengetahuan. Pastikan Anda memahami dengan baik industri yang akan Anda masuki dengan cara melakukan penelitian. Lakukan analisis pasar mengenai kompetitor yang Anda hadapi, bagaimana kualitas produk atau layanan mereka dan bagaimana cara mereka mendekati pasar.