Penting! Ini 5 Ideas Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

“Jangan salah sangka. Emas dan perak akan kalah nilainya dengan kesehatan.” Sebagai informasi, dalam beberapa hari terakhir ini pembahasan soal figur potensial yang disebut-sebut memiliki peluang besar maju sebagai capres 2024 mendadak memanas. Sama dengan mencatat pengeluaran, membuat anggaran juga sama pentingnya, lho! Setelah gajian, segera buat anggaran untuk berbagai pengeluaran Anda sebulan. Tanpa adanya anggaran, Anda akan mudah tergoda melakukan pengeluaran yang tidak perlu.

Manfaatnya juga tak terbatas usia, beragam keuntungan menabung berlaku bagi orang dewasa maupun anak-anak. Dan ya, ketekunan saya dalam menabung bukanlah hal yang sia – sia. Meskipun awalnya tak ada tujuan melainkan hanya untuk menabung saja, uang tabungan yang selama ini saya kumpulkan di rekening tak ber ATM itu akhirnya saya cairkan untuk modal nikah. Menurut ayah waktu itu, mengingat saya masih single dan tidak ada tanggungan cicilan atau kredit, seharusnya saya bisa menyisihkan uang untuk tabungan sebesar 40% dari complete pendapatan. Rekening tabungan juga harus dibuat terpisah dan tidak dibuatkan ATM supaya saya tidak bisa bebas memanfaatkannya.

Ada tiga aspek positif dari perilaku konsumsi, berikut ketiga aspeknya. Adat Istiadat dan Kebiasaan – Kebiasaan dan adat istiadat di suatu daerah juga mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakatnya. Didapat Dari Pembelian atau Pengorbanan Untuk memakai barang konsumsi terlebih dahulu harus melakukan sebuah pengorbanan seperti pembelian barang tersebut di toko.

Jangka waktu ini dapat membantu apabila kita memiliki tujuan keuangan tertentu di masa depan. Kita bisa ikut menggunakan tabungan berjangka untuk menyisihkan dana untuk membeli sepeda tersebut. Sebagian orang, termasuk pekerja yang telah memiliki penghasilan bulanan, kesulitan untuk mengendalikan diri dalam penggunaan uangnya. Akibatnya, mereka terjebak dalam gaya hidup boros yang berakibat buruk dalam kesehatan keuangan.

Pentingnya menabung

Ini semua terjadi karena kesadaran banyak orang akan pentingnya uang dan bahayanya jika tidak memiliki uang di saat yang diperlukan. Meski banyak dari Anda yang sudah mempunyai tabungan, belum tentu Anda memahami dengan baik mengapa Anda menabung. Biasanya Anda menyimpan uang di bank-bank yang menawarkan program tabungan pendidikan anak atau untuk membeli rumah. Padahal masih banyak alasan lain, kenapa seseorang harus menabung.

Jika sakit atau kecelakaan menimpa salah satu keluarga, pastilah Anda ingin membantu. Kadangkala tidak hanya cukup hanya pengobatan saja, rawat inap di rumah sakit, tindakan operasi dan perawatan pasca operasi pun memerlukan dana. Bayangkan, jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar tagihan obat, perawatan rumah sakit dan biaya lainnya. Saat mendesak seperti inilah Anda dapat menggunakan dana darurat yang sudah dipersiapkan. Menabung juga merupakan salah satu cara lain dalam berinvestasi dengan cara mengembangkan jumlah uang melalui bunga / imbal hasil investasi. Sebagian masyarakat mungkin akan memilih institusi seperti bank untuk menabung.