Wajib Tahu, Cara Menghemat Uang Saat Pandemi Ala Raditya Dika!

Cara menghemat uang yang bisa dilakukan berikutnya adalah melunasi tagihan atau utang yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sisa uang dari belanja rutin untuk melunasi tagihan atau utang yang dimiliki. Anda juga bisa mengurangi keperluan tidak penting lainnya yang justru membuat pengeluaran semakin membengkak. Hal ini sangat efektif untuk menghemat uang dengan baik sehingga bisa digunakan untuk mencapai tujuan yang lain. Jika menemukan kebiasaan pengeluaran untuk hal yang kurang penting, sebaiknya hilangkan saja.

Hemat berarti tidak jauh dari kata anggaran/uang, dimana penghasilan dalam waktu tertentu dimaksimalkan untuk mencukupi kebutuhan dalam tenggang waktu tertentu. Belanja online , awas bisa dapat harga murah atau malah tergiur barang yang nggak diperlukan. Bila memungkinkan, cobalah untuk mendapatkan pendapatan alternatif selain dari gaji mu. Sekarang, kamu tidak akan kehabisan cara untuk mencari uang lewat Internet. Langkah yang satu ini mungkin sedikit ribet, tetapi jika dijadikan kebiasaan pasti akan membantu mu menjadi lebih sadar untuk mengurangi pengeluaran impulsif. Maksud kami dengan cermat adalah, coba cari tahu bank mana yang memberikan mu rekening deposito dengan bunga terbesar.

Nongkrong atau jalan-jalan sama temen paling tidak sebulan sekali atau sebulan dua kali. Dapatkan penghematan uang yang efektif dengan mencatat pengeluaran – pendapatan di bulan itu. Setelah beberapa saat, tetapkan anggaran yang sesuai dan cobalah untuk tidak “melebihi dahi Anda”.

Namun, ketika memiliki anggaran yang ketat, menabung menjadi hal yang sulit. Selain untuk memeriksa harga secara actual time, aplikasi juga dapat meningkatkan upaya penghematan. Biasanya melalui aplikasi toko menawarkan berbagai promo, mulai dari potongan harga, pengembalian uang , atau poin-poin yang bisa ditukarkan dengan kartu hadiah . Jika Anda termasuk orang yang tricky, Anda bisa coba untuk meninggalkan kartu debit dan dapatkan kartu kredit reward untuk berbelanja.

Tips menghemat uang

Seringkali, nasihat-nasihat keuangan dari orangtua sudah tidak lagi relevan untuk kehidupan milenial zaman sekarang. Perbedaan zaman yang cukup signifikan membuat nasihat-nasihat tersebut tidak sesuai dengan keadaan milenial sekarang. Cukup membantuk untuk belanja lebih hemat dan lebih irit tiap bulannya.

Mayoritas orang yang memisahkan tabungan dari rekening koran akan membantu mengurangi kecenderungan meminjam dari tabungan dari waktu ke waktu. Bila tujuan Anda jangka panjang, pertimbangkan produk dengan tingkat hasil yang lebih tinggi seperti reksa dana pasar uang ataupun lainnya. Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat uang saat berbelanja, baik itu secara on-line maupun pergi ke toko. Ini akan membantu melakukan upaya penghematan demi mencapai kestabilan keuangan.

Hindari hal-hal yang dapat memicu meningkatnya perilaku belanja. Emas batangan cocok untuk investasi jangka panjang dan lebih mudah lagi karena sekarang kamu bisa membeli emas dalam nominal kecil. Selain kamu memiliki uang cadangan, uang tersebut dapat kamu gunakan di saat darurat. Terlebih lagi, jika promo tersebut untuk benda-benda rumah tangga yang memang kamu butuhkan.